Pentingnya Sarapan untuk Anak

1
sarapan2 - Pentingnya Sarapan untuk Anak
Anak memilih sarapan – google.com

Pernah mendengar ungkapan “Sarapan adalah asupan makanan paling penting sepanjang hari?” Benar sekali, sarapan adalah hal penting sebelum menjalani aktifitas sepanjang hari. Dengan sarapan, metabolisme tubuh memproses makanan menjadi energi yang membuat tubuh merasa kuat dalam beraktifitas.

Untuk anak-anak, anak yang memakan sarapan di pagi hari cenderung lebih sehat dan lebih bisa beraktifitas fisik dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan. Tidak sarapan membuat anak merasa lelah, mudah capek dan mudah tantrum. Tubuh anak membutuhkan sumber energi setelah tidak ada asupan makanan sekitar 8 sampai 12 jam tidur. Mood dan energi mereka bisa turun drastis jika tidak sarapan.

Namun, sarapan apakah yang baik untuk anak? Apakah dengan memberikan sembarang makanan atau sisa makanan dari malam sebelumnya baik untuk anak?

sarapan3 - Pentingnya Sarapan untuk Anak
Sarapan Sehat – lifetimeasia

Mary Gavin dari Kidshealth.org menyarankan bahwa asupan makanan di pagi hari untuk anak itu cukup krusial. Sebaiknya pilihlah sarapan yang kaya akan serat dan protein, namun sedikit gula dapat meningkatkan kemampuan anak untuk konsentrasi dan mengingat sepanjang hari. Anak yang makan makanan kaya serat, kalsium dan nutrisi penting, cenderung dapat mengontrol berat badan dan level kolesterol yang rendah. Hal ini berpengaruh anak tersebut lebih sehat dan mengurangi absen sakit di sekolah.

Baca juga:   Bau mulut? Ini Cara menghilangkannya

Selain itu semua, sarapan sehat juga dapat mencegah penyakit maag. Terlambat makan dapat membuat produksi asam lambung meningkat yang diakibatkan karena perut kosong. Jika tidak diatasi dapat memunculkan penyakit maag, dan jika terus terjadi malah dapat menjadi penyakit yang lebih serius.