Berlari, Olahraga Sederhana yang Sangat Bermanfaat

8
elielari - Berlari, Olahraga Sederhana yang Sangat Bermanfaat
Ellie Goulding Lari – Nike.com

Berlari bisa jadi merupakan bentuk olahraga paling sederhana, minimal hanya memerlukan sepatu olahraga atau sepatu lari. Selebihnya adalah baju dengan bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, dan yang bisa memungkinkan penggunanya untuk bergerak dengan leluasa. Fitness Health 101 menjabarkan bahwa berlari melatih merupakan latihan kardiovaskular yang sangat bagus, karena dapat memacu detak jantung dan membuat paru-paru bekerja keras untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh. Efek timbal balik dari aktifitas kardiovaskular yang meningkat adalah tubuh membakar kalori dalam jumlah yang tinggi. Dengan begitu, berat dan bentuk tubuh akan terkontrol. Penampilan bisa menjadi alasan utama orang melakukan olahraga.

Ellie Goulding, penyanyi peraih Grammy Award untuk soundtrack film Fifty Shades of Grey itu telah beberapa kali mengikuti half marathon. Ia mengaku kepada Running Competitor bahwa musik dan kebugaran tubuh adalah dua hal terpenting di dalam hidupnya. Berlari telah berperan besar sebagai motivasi, dan ia tetap menyeimbangkan latihan selama tur. Selama ia bisa minum teh dan bisa berlari kapanpun, ia akan bahagia dan bisa bekerja dengan lebih baik.

Berbeda lagi makna lari bagi Gordon Ramsay. Koki terkenal dari Inggris yang juga memimpin acara kontes memasak di televisi itu menjawab wawancara Men’s Running UK, bahwa ia telah berlari selama lebih dari 10 tahun. Awalnya ia berlari untuk menurunkan berat badan, tapi sekarang ia menikmati lari sebagai pelepasan pikiran dari kesibukan sehari-hari.

Baca juga:   Makanan Yang Mempercepat Metabolisme Tubuh
Gordon - Berlari, Olahraga Sederhana yang Sangat Bermanfaat
Gordon Ramsay – bonappetit.com

Manfaat lari yang dirasakan oleh Ramsay itu sejalan dengan yang dituliskan oleh Runner’s World, yakni berlari bisa membuat orang lebih bahagia. Berlari bisa melepaskan hormon endocannabinoids yang bisa menciptakan perasaan baik, terkenal dengan istilah “runner’s high”. Sebuah penelitian dalam Journal Adolescent Health juga menunjukkan 30 menit berlari dalam satu minggu dapat meningkatkan kualitas tidur, mood, dan konsentrasi.

Reese Witherspoon, pemeran sekaligus produser serial televisi Big Little Lies, mengatakan kepada In Style bahwa ia suka berlari, dan ia suka berolahraga bersama teman-teman wanitanya. Mereka bisa membahas kehidupan cinta dan keluarga sambil berlari. Sebuah artikel di Greatist juga menyebutkan salah satu alasan untuk segera mulai berlari adalah bisa menemukan teman baru dalam acara berlari. Atau ajak anjing untuk berlari bersama-sama.