Waspada! Ini Tanda Mengejutkan dari Sleep Apnea

Sleep apnea adalah penyakit gangguan tidur yang bisa membuat kamu berhenti bernafas beberapa detik atau menit. Kamu bisa mengalaminya berulang kali bahkan bisa juga sampai ratusan kali. Hal tersebut disebabkan oleh aliran darah menuju otak gak lancar sehingga menyebabkan otakmu gak dapat cukup oksigen.
Waspada Sleep Apnea

Ada dua jenis Sleep Apnea, yaitu:
  1. Obstructive Sleep Apnea (OSA) paling umum terjadi yang disebabkan penyumbatan jalur pernafasan.
  2. Central Sleep Apnea yang disebabkan otakmu gak memberi sinyal pada otot untuk bernafasan jadi nafasmu gak stabil.
Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Namun, pada umumnya, penyakit ini disebabkan :
  1. Kelebihan berat badan
  2. Usia mu 40 tahun atau lebih
  3. Ukuran leher mu 17 inci atau lebih untuk pria dan 16 inci atau lebih untuk perempuan
  4. Mempunyai riwayat keluarga yang terserang sleep apnea
  5. Mempunyai amandel ukuran besar atau tulang rahang kecil
  6. Penyumbatan hidung yang disebabkan alergi atau sinus
Sleep Apnea juga bisa mengakibatkan masalah kesehatan lainnya seperti
  1. Tekanan darah tinggi
  2. Gagal jantung dan denyut jantung gak teratur
  3. Diabetes
  4. Depresi
  5. Sakit kepala
Sleep Apnea yang gak diobati secara langsung bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Healthy People seperti terganggunya aktivitas kantor atau sekolah, kecelakaan di jalan raya, dan menurunnya prestasi bagi kamu yang masih bersekolah.
Healthy People gak perlu khawatir karena kamu masih bisa melakukan pengobatan dan pencegahan penyakit Sleep Apneadengan menerapkan pola hidup sehat, diantaranya
  1. Menurunkan berat badan
  2. Gak mengonsumsi alkhohol dan obat tidur
  3. Menghindari posisi tidur terlentang dan mengubah posisi tidur untuk pernafasan lebih baik
  4. Berhenti merokok
  5. Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) yaitu pengobatan dengan menggunakan masker yang dipakai d hidung dan mulut saat kamu tidur untuk mengalirkan udara ke hidung sehingga nafasmu bisa teratur.
Jika Healthy People merasa penyakitmu bertambah parah, maka kamu harus segera konsultasi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.




Waspada Sleep Apnea

Apa itu Sleep ApneaSleep apnea artinya tidak bernapas saat tidur. Secara umum sleep apnea adalah kondisi henti nafas saat tidur. Jika kondisi tersebut dibiarkan hingga kronis dapat menyebabkan seseorang berhenti bernafas dan berakhir dengan kematian.
Ada dua kondisi penyakit sleep apnea atau berhenti nafas saat tidur:
  1. Sleep apnea terpusat, yakni henti nafas karena otak gagal mengirim sinyal pada otot di saluran nafas untuk segera bernafas. Kegagalan ini dikarenakan ketidakstabilan di sistem pernafasan.
  2. Gangguan henti nafas saat tidur penghambat, yakni jaringan lunak yang terletak di bagian belakang tenggorokan meluruh atau jatuh dan menghalangi saluran nafas selama tidur.
Gejala umum penderita sleep apnea adalah mendengkur saat tidur. Seseorang yang tidur mendengkur dan tiba-tiba dengkuranya tidak teratur dan berhenti disertai terengah-enggah yang membuat penderitanya terbangun dari tidur. Gejala lainya yang dilansir docdoc.com, penderita sleep apnea akan merasakan kantuk di siang hari, merasa kurang energi karena tidurnya tidak nyenyak, sering gelisah saat tidur, sakit kepala terutama saat bangun tidur di pagi hari, sakit tenggorokan saat bangun tidur, ingatan yang buruk, perubahan suasana hati, insomnia, terbangun berkali-kali di tengah malam, dan menurunnya ketertarikan seksual.
Seringkali penderita tidak menyadari gangguan tersebut. Dilansir dari docdoc.com sleep apnea terjadi dalam beberapa detik hingga beberapa menit. Bahkan dapat terjadi hingga 30 kali dalam rentan satu jam. Jika kondisi sleep apnea berlangsung dalam kurun waktu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti hipertensi, gagal jantung, serangan jantung, stroke, diabetes, sakit kepala, dan depresi.
Gangguan sleep apnea tidak memandang usia. Apabila terdapat gejala sleep apnea, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk tes sejauh mana tingkat keparahan sleep apnea. Apakah ringan, sedang, atau berat. Perhatian orang terdekat dan keluarga sangat penting agar sleep apnea tidak berakhir pada kematian.


Demikianlah Artikel Waspada! Ini Tanda Mengejutkan dari Sleep Apnea,
Semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. (www.goodtohealth.com).*
Goodtohealth,Media Online, informasi kesehatan terlengkap,berita kesehatan,seputar kesehatan dan penyakit,kesehatan wanita,kesehatan pria,kesehatan anak-anak,menjaga kesehatan tubuh,hidup sehat,tip kesehatan,tips tips kecantikan, makanan sehat,obat alami, pengobatan, hidup sehat,bahaya penyakit,Bayi,Diet,Kecantikan,Kesehatan Gigi,Manfaat Buah,Manfaat Tanaman

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel