Ingin Tidur Malam Berkualitas saat Puasa, Hindari Minuman Ini

TIDUR adalah aktivitas penting, saat tubuh tumbuh dan diperbaiki, sementara otak mengatur ingatan. Saat Ramadan durasi tidur malam tentu berkurang, padahal tidur jadi salah satu bentuk istirahat yang penting.
Manusia membutuhkan tidur antara tujuh hingga sembilan jam semalam untuk tetap sehat. Apalagi, saat ini Anda harus bangun sahur, otomatis tidur harus ontime agar bisa tidur tujuh hingga Sembilan jam. Namun, melakukan hal-hal tertentu sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur Anda berkurang dan tidak nyenyak.

Beberapa kegiatan yang dapat membuat kualitas tidur malam berkurang, di antaranya menatap perangkat elektronik, ngemil, dan stres. Kegiatan tersebut adalah hal-hal yang seharusnya tidak Anda lakukan sesaat sebelum tidur, apalagi saat Ramadan seperti ini, yang juga jadi momen terbaik untuk beribadah.

Selain itu, sebelum tidur malam, Anda pun harus menghindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan soda sebelum tidur. Ini semua bisa meningkatkan aktivitas tubuh Anda, sehingga sulit untuk tidur.

“Secangkir kopi dapat memiliki efek stimulasi segera setelah 15 menit setelah Anda minum seteguk pertama,” kata Yayasan di situs webnya seperti yang dikutip dari laman Express, Rabu (30/5/2018).

Kopi salah satu minuman yang sebaiknya Anda hindari karena efeknya bisa berdampak pada tubuh selama enam jam. Ini berarti jika Anda minum kopi pada pukul 4 sore, maka separuh dari kadar kafein dalam tubuh akan mempengaruhi hingga pukul 10 malam.

Untuk itu Anda disarankan agar menukar kopi dengan minuman lainnya yang tidak mengandung kafein. The Sleep Council, yang berbasis di Inggris, mengatakan Anda harus menghindari "stimulan" seperti kafein sebelum tidur.

Selain kopi, alkohol juga tidak boleh diminum sebelum tidur karena mengganggu ritme sirkadian tubuh Anda saat Anda tidur.

 Alkohol

“Alkohol dapat memengaruhi kadar bahan kimia yang memberi tahu tubuh Anda kapan waktunya untuk tidur atau bangun. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin tertidur dengan cepat setelah satu atau dua gelas - hanya untuk bangun dengan mata terbelalak di tengah malam," kata National Sleep Foundation.

Minuman bersoda pun dapat membuat Anda sulit untuk tidur nyenyak. Hal ini disebabkan karena kandungan karbonasinya yang dapat menyebabkan perut kembung dan rasa panas pada dada.

“Bahkan minuman ringan dapat membuat Anda terjaga di malam hari karena karbonasi dapat menyebabkan kembung dan tekanan perut, memicu rasa panas di dada. Juga dikenal sebagai penyakit gastroesophageal reflux, sering kambuh pada malam hari, yang dapat membuat sulit untuk tidur yang Anda perlukan untuk beristirahat di siang hari," imbuhnya.

Tips lain untuk membantu Anda tidur berkualitas adalah mematikan jam alarm. Para ahli mengatakan insomnia dapat terjadi karena Anda menonton jam alarm saat berbaring sehingga terjaga dan bisa menjadi penyebab tidur malam yang gelisah.

Melihat Anda hanya memiliki tiga jam tidur yang tersisa dapat membuat Anda panik dan membuat Anda terjaga. Jadi mematikan jam alarm atau meletakkannya di tempat lain di ruangan adalah solusi terbaik.

Penyebab populer lainnya dari tidur malam yang gelisah adalah terlalu panas di malam hari. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda tetap tenang dan beristirahat dengan benar?

Mencoba kipas daripada membuka jendela telah terbukti dapat membantu Anda tidur. Bonusnya suara kipas ternyata berfungsi sebagai white noise, yang dapat membantu Anda tertidur. (*)


Demikianlah Artikel Ingin Tidur Malam Berkualitas saat Puasa, Hindari Minuman Ini,
Semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. (www.goodtohealth.com).*
Goodtohealth,Media Online, informasi kesehatan terlengkap,berita kesehatan,seputar kesehatan dan penyakit,kesehatan wanita,kesehatan pria,kesehatan anak-anak,menjaga kesehatan tubuh,hidup sehat,tip kesehatan,tips tips kecantikan, makanan sehat,obat alami, pengobatan, hidup sehat,bahaya penyakit,Bayi,Diet,Kecantikan,Kesehatan Gigi,Manfaat Buah,Manfaat Tanaman

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel