Tips Menjaga Mata Menjadi Lebih Sehat

Kacamata Hitam - shutterstock

Mata yang kita miliki hanya dua, dan jika rusak, akan sulit mencari penggantinya. Sementara itu kita membutuhkan penglihatan sepanjang hidup kita, karena itu lebih baik kita menjaganya dengan sebaik mungkin. Terdapat beberapa cara mudah dan bahkan terkesan sepele untuk dilakukan, tetapi ternyata berdampak bagus bagi mata kita.

1. Kenakan kacamata hitam.
Selain menunjang gaya, kacamata hitam bisa menghalangi sinar ultraviolet yang bisa memperlambat pertumbuhan katarak, mencegak kerusakan retina, dan dapat memperlambat tumbuhnya kriput dan kanker kulit pada kelopak mata yang tipis. Carilah kacamata hitam yang bisa 100 persen mengandung perlindungan dari sinar UV-A dan UV-B, begitu yang disarankan oleh American Academy of Ophthalmology.

2. Beri asupan vitamin dan mineral yang bagus untuk mata.
Wortel, dan buah dan sayur berwarna oranye lainnya, mengandung beta-carotene yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Makanan lainnya yang disarankan oleh Health.com adalah dedaunan hijau dan kuning telur, yang mengandung lutein and zeaxanthin. Vitamin C di dalam jeruk dan berry, dan vitamin E di dalam almond juga bisa mencegah kerusakan mata. Peningkatan asupan tuna dan salmon yang kaya DHA dapat mencegah kekeringan mata.

  Melihat Komputer - livescience[/caption]

3. Alihkan pandangan dari layar komputer.
Memandang layar komputer dan ponsel terlalu lama, dapat menyebabkan mata lelah, kering dan buram. Ditilik dari WebMD, kita harus memastikan kacamata dan lensa kontak kita masih belum usang, atur posisi layar sejajar dengan mata, lebih sering berkedip. Istirahatkan mata setiap 20 menit, dengan menatap sesuatu yang jauhnya 20 kaki selama 20 detik.

4. Jaga berat badan tetap ideal.
Berat badan berlebih secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan mata, sesuai tulisan dari National Eye Institute. Berat badan berlebih meningkatkan risiko terkena penyakin diabetes yang akhirnya bisa menyebabkan hilangnya penglihatan dan penyakit glukoma.

5. Hindari rokok.
Independent menyebutkan bahwa banyak penelitian yang menunjukkan hubungan kuat antara merokok dan timbulnya katarak dan AMD (Age-related Macular Degeneration), yaitu penurunan fungsi macula (daerah kecil berbentuk bulat terletak di bagian belakang retina) mata karena seiring bertambahnya usia.  Rokok meningkatkan sampai 4 kali risiko terkena AMD, sementara besarnya risiko terkena katarak berbanding lurus dengan jumlah rokok yang dihisap setiap harinya.


Demikianlah Artikel Tips Menjaga Mata Menjadi Lebih Sehat,
Semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. (www.goodtohealth.com).*
Goodtohealth,Media Online, informasi kesehatan terlengkap,berita kesehatan,seputar kesehatan dan penyakit,kesehatan wanita,kesehatan pria,kesehatan anak-anak,menjaga kesehatan tubuh,hidup sehat,tip kesehatan,tips tips kecantikan, makanan sehat,obat alami, pengobatan, hidup sehat,bahaya penyakit,Bayi,Diet,Kecantikan,Kesehatan Gigi,Manfaat Buah,Manfaat Tanaman

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel