Cara Jitu Menurunkan Asam Urat

Cara Jitu Menurunkan Asam Urat

 

 

 

 

 

Asam urat adalah limbah yang dihasilkan saat tubuh memecah zat, seperti purin, dari makanan. Asam urat biasanya dibawa kedalam darah, melewati ginjal dan diekskresikan dalam urin. Hiperurisemia, atau kadar asam urat tinggi terjadi bila kelebihan asam urat terkonsentrasi dalam darah. Beberapa faktor berkontribusi terhadap pengembangan asam urat tinggi seperti senyawa nitrogen atau senyawa purin tinggi yang menumpuk lebih cepat daripada yang dapat dihilangkan, ginjal berfungsi buruk dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya. Gejala hiperurisemia meliputi kelelahan, radang sendi seperti asam urat, atau pembentukan batu ginjal. Perubahan diet dapat membantu menyembuhkan asam urat tinggi. Namun, bila terjadi gejala yang mengganggu, berkonsultasilah dengan dokter untuk menguji kadar asam urat dan tentukan pengobatan terbaik untuk penyebab hiperurisemia.
Tingkat asam urat normal adalah untuk pria sekitar 3.4-7.0miligram / desiLiter, sementara wanita: 2,4-6,0 miligram / desiLiter.

 

Berikut ada beberapa cara jitu untuk menurunkan kadar asam urat:


1. Cuka Apel


Menjadi pembersih dan detoksifikasi alami, cuka sari apel bisa membantu membuang limbah seperti asam urat dari tubuh. Ini mengandung asam malat yang membantu memecah dan menghilangkan asam urat. Cuka sari apel juga membantu mengembalikan keseimbangan asam basa dalam tubuh dan memberikan manfaat antiinflamasi dan antioksidan.Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel mentah, organik, tidak dipasteurisasi ke segelas air.Minum larutan ini dua atau tiga kali sehari.Jumlahcuka sari apel dapat secara bertahap meningkatkan hingga dua sendok makan per gelas air dan teruskan obat ini sampai kadar asam urat turun.

2. Jus lemon


Meskipun tampaknya jus lemon akan membuat tubuh lebih asam, sebenarnya, ini menghasilkan efek alkalin dan membantu menetralkan asam urat. Plus, kandungan vitamin C-nya juga membantu menurunkan kadar asam urat.Asam sitrat yang ditemukan dalam lemon adalah pelarut asam urat. Jus lemon diperas ke dalam gelas harus diminum dua kali sehari.

3. Ceri


Ceri memiliki zat anti-inflamasi yang diberi nama anthocyanis yang membantu mengurangi kadar asam urat. Ini mencegah asam urat mengkristal dan disimpan di persendian. Ceri juga menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan rasa sakit. 200 gram per hari sangat efektif menurunkan asam urat.
Makanlah satu cangkir ceri setiap hari selama beberapa minggu. juga bisa minum satu atau dua cangkir jus ceri tart selama sekitar empat minggu.Selain itu, tambahkan blueberry, stroberi, tomat, paprika, dan vitamin C dan buah dan sayuran kaya antioksidan untuk diet.

4. Baking Soda


Baking soda, juga disebut bikarbonat soda, sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa asam urat. Ini membantu menjaga keseimbangan alkalin alami dalam tubuh dan membuat asam urat lebih larut dan mudah keluar dari ginjal.

5. Minyak zaitun


Sebagian besar minyak nabati berubah menjadi lemak tengik saat dipanaskan atau diolah. Lemak tengik menghancurkan vitamin E vital di dalam tubuh, yang penting untuk mengendalikan kadar asam urat. Pilihlah minyak zaitun daripada menggunakan minyak sayur, mentega atau mentega dalam memasak dan memanggang. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tetap stabil saat dipanaskan. Plus, vitamin E dan antioksidannya tinggi, dan memiliki manfaat anti-inflamasi.

6. Air Putih


Minum banyak air membantu mengoptimalkan penyaringan asam urat. Ini membantu mencairkan asam urat dan merangsang ginjal untuk menghilangkan kelebihan jumlah dari tubuh melalui urine.

7. Diet Rendah Purin


Purin adalah senyawa yang mengandung nitrogen yang memecah asam urat, sehingga meningkatkan kadar dalam tubuh. Purin adalah hasil metabolisme protein yang dapat membentuk kristal asam urat dan dapat menumpuk pada sendi-sendi tangan serta ginjal/ saluran kencing. Purin ditemukan pada protein hewani. Hindari protein hewani seperti daging, daging organ, ikan dan unggas, juga kacang-kacangan.

8. Makanan tinggi serat


Makanan tinggi serat membantu menurunkan kadar asam urat dengan cara menyerapnya dan kemudian menghilangkannya dari tubuh. Juga bisa mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tepung karena mengandung sedikit purin.
Seluruh biji-bijian, apel, pir, jeruk dan stroberi adalah contoh makanan berserat tinggi yang bisa dimasukkan kedalam makanan.

goodtohealth

9. Produk susu


Susu rendah lemak atau susu skim, mengandung asam orotic yang bisa menurunkan penyerapan ulang asam urat dan mendorong pengangkatannya melalui ginjal. Minumlah susu rendah lemak satu sampai lima cangkir setiap hari untuk menjaga kadar asam urat. Selain susu skim, yogurt rendah lemak juga baik untuk menurunkan asam urat. Jika tidak begitu suka meminumnya, yogurt bisa dimasukkan kedalam makanan.

Tips tambahan dalam menurunkan asar urat adalah dengan melakukan olahraga teratur dan mempertahankan berat badan yang sehat. Dipercaya bahwa jaringan lemak cenderung meningkatkan produksi asam urat. Konsumsilah menu diet seimbang yang tinggi karbohidrat kompleks dan rendah protein. Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, kue dan permen. Terakhir, kurangi makanan yang tinggi lemak seperti steak atau olahan daging merah, karena bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan asam urat.


Demikianlah Artikel Cara Jitu Menurunkan Asam Urat,
Semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. (www.goodtohealth.com).*
Goodtohealth,Media Online, informasi kesehatan terlengkap,berita kesehatan,seputar kesehatan dan penyakit,kesehatan wanita,kesehatan pria,kesehatan anak-anak,menjaga kesehatan tubuh,hidup sehat,tip kesehatan,tips tips kecantikan, makanan sehat,obat alami, pengobatan, hidup sehat,bahaya penyakit,Bayi,Diet,Kecantikan,Kesehatan Gigi,Manfaat Buah,Manfaat Tanaman

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel