Penanganan Terkini Penyakit Pembesaran Prostat Jinak

Health Talk RS Premier Bintaro
3 Desember 2016
Pembicara : Dr. Gideon Tampubolon, Spu 

“Penanganan Terkini Penyakit Pembesaran Prostat Jinak” 



RS Premier Bintaro kembali mengadakan “Health Talk” pada tanggal 3 Drsember 2016 dengan mengangkat topic “Penanganan Terkini Penyakit Pembesaran Prostat Jinak”

Mungkin banyak diantara kita sudah sering mendengar tentang penyakit pembesaran kelenjar prostat yang mengakibatkan kesulitan untuk buang air kecil. Namun banyak juga yang belum mengerti dan mengenal apa itu kelenjar prostat.

Prostat adalah suatu kelenjar yang hanya dimiliki oleh pria yang terletak di bawah atau di leher kandung kencing. Aliran urin akan keluar melaluli saluran air kencing (urethtra) yang terletak di dalam kelenjar prostat dan terus ke dalam alat kelamin pria (penis). Bila terjadi pembesaran kelenjar prostat biasanya urethtra di dalam prostat akan memnyempit yang berakibat sulitnya mengeluarkan urin.

Penderita prostat di temukan sebesar 20% adalah usia 41 – 50th, 50% pria berusia 51 – 60th ,dan 80% di atas 80th.

Pemeriksaan klinis penderita dapat dilakukan sebagai berikut

Anamnesis : Di tanyakan keluhan utama dan riwayat kesehatan pada umumnya,seperti riwayat pembedahan,pemyakit saraf,pemyakit metabolic seperti diabetes dan riwayat pemakaian obat.

Pemeriksaan fisik : Yang di catat adalah keadaan umum,tanda vital,kelainan saraf (neurologis),serta kelainan fisik.Diperhatikan juga apakah ada kelainan pada alat kelamin.Yang paling penting adalah colok dubur (memasukan jari ke dalam dubur) untuk menilai ukuran prostat.

Pemeriksaan Laboratorium : Yang diperiksa adalah Urinalisa,darah rutin,fungsi ginjal dan penting juga di periksa Prostat Specific Antigen (PSA) darah. Bila kadar PSA sangat tinggi ada kemungkinan terdapat penyakit kanker prostat.

Pemeriksaan Penunjang : Uroflowmetri : Memeriksa kecepatan pancaran urin. Dan Ultrasonografi untuk melihat kondisi kandung kencing,serat sisa urin dalam kandung kencing setelah kencing.

Yang penting diingat adalah bahwa kita harus segera memeriksakan diri ke dokter bila telah memiliki gejala-gejala pembesaran kelenjar prostat tersebut. | Foto dan Artikel : Goodtohealth.com


Demikianlah Artikel Penanganan Terkini Penyakit Pembesaran Prostat Jinak,
Semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. (www.goodtohealth.com).*
Goodtohealth,Media Online, informasi kesehatan terlengkap,berita kesehatan,seputar kesehatan dan penyakit,kesehatan wanita,kesehatan pria,kesehatan anak-anak,menjaga kesehatan tubuh,hidup sehat,tip kesehatan,tips tips kecantikan, makanan sehat,obat alami, pengobatan, hidup sehat,bahaya penyakit,Bayi,Diet,Kecantikan,Kesehatan Gigi,Manfaat Buah,Manfaat Tanaman

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel